Monday 17 February 2020

Konser Kebhinekaan Suluh Nusantara


Konser Kebhinekaan Suluh Nusantara yang bakal digelar pada hari sabtu (14/12/2019) di Pelabuhan Muara Jati ini disutradarai oleh Dedi Kampleng dengan naskah karya Sr. Albertine, O.P, M.Pd merupakan kerja kolektif kolaborasi bersama 1.865 pelajar Santa Maria dan Seniman Nusantara. Tujuan kegiatan ini adalah
untuk mewartakan indahnya kebersamaan, kedamaian, dan keutuhan umat manusia, dengan menampilkan penampilan kolosal dan melibatkan kesenian tradisi maupun modern yang tengah berkembang di masyarakat. Terdapat juga pesan yang tersirat dari pertunjukan drama musikal bertema pluralisme itu bisa menginspirasi masyarakat untuk hidup rukun.

Dipilihnya pelabuhan Muara Jati sebagai tempat digelarnya konser ini memberikan pesan khusus kepada masyarakat di Cirebon juga dunia bahwa pelabuhan menjadi titik temu berbagai peradaban dunia antara "West Meet East" atau Barat Berjumpa Timur, dimana bangsa Arab, Eropa dan China menyambangi Cirebon, sebagai Negeri Para Wali. 

Betapa senangnya saya bisa menjadi pemain di konser kebhinekaan ini. Semua keringat yang dikeluarkan, pengorbanan meninggalkan pelajaran, berpanas - panasan ditengah lapangan, terbayar dengan indahnya penampilan konser ini. Konser ini membuat saya mengerti tentang perlunya usaha keras dan tekad yang tinggi untuk menggapai hal yang besar. Konser ini juga mengingatkan kita terhadap budaya indonesia yang sudah luntur karena budaya asing. Seharusnya kita dapat menyeimbangi keduanya dan tidak melupakan budaya asal.

No comments:

Post a Comment